UJIAN NASIONAL 2007 SMP CURANG ?

Sejak muncul kemunduran sebagai seorang idealisme bangsa ini, dunia pendidikan seolah tidak bisa mengelak untuk ikut dalam bagi-bagi kecurangan, Benarkah ?

Dibilang tidak tapi berita di media massa selalu membicarakan kecurangan-kecurangan yang dilakukan lingkungan pendidikan terutama guru. Dulu ujian nasional hanya dilaksanakan oleh lingkungan diknas, kemudian ujian nasional langsung dari pusat dengan komputerisasi. Selanjutnya selalu ada “penyempurnaan” mulai dari dihapusnya soal uraian, pengawas dibuat silang, dibentuknya tim independen, adanya ujian ulang dan terakhir dibentuk TPI (Tim Pengawas Independen), soal dibuat dua paket, LJK di Lak di ruangan ujian dan tahun depan mau apa lagi???????????

Saya sebagai seorang guru (pengawas ruang Ujian) merasa tersinggung. Benarkah saya ini tidak jujur , tidak patut dipercayai, curang, nggak becus, ??????. Benarkah TPI yang nota benenya adalah seorang dosen lebih jujur dari saya, lebih becus dari saya????

Ini semua yang ngatur BSNP, menurut saya mereka belum menemukan solusi cerdas, belum mendapatkan cara efisien, belum memanfaatkan ICT dan belum banyak lagi…..dan belum sadar bahwa salah satu ciri CTL adalah Otentik assasmen. Jika mereka lulus tiga mata uji bagaimana dengan mata uji pelajaran yang lain. Coba lihat di TV , anak yang terlibat tindak kriminal bahkan punya kekuatan hukum tetap sebagai napi diberi penghargaan luar biasa bisa ikut UN, kalau lulus gimana? terus nilai PKn dan Agama ?????

Ada teman yang membuat pernyataan “heboh” : ” semakin ujian nasional diperketat maka nilai ujian semakin tinggi”. Maksudnya jika ujian nasional di model ketat dengan berbagai macam teknik maka si pencurang akan semakin ganas dan terang-terangan bereaksi negatif.

Sekali lagi lihat di TV : ketua subra bersepakat dengan para anggotanya untuk membantu 50% lebih jawaban yang penting anak-anaknya lulus (RCTI) . Kalau dulu yang saya dengar, baca, dan lihat di media massa kecurangannya dalah :

  • nyontek
  • komunikasi pakai sandi
  • ngerepek
  • minta jawaban teman sebelah
  • minta jawaban pengawas
  • minta jawaban ke guru
  • pengawas mengubah jawaban (dibetulkan)
  • pihak sekolah mengubah jawaban (dibetulkan)
  • memasang jawaban di kamar kecil
  • sms
  • soal bocor , dll

yang semua itu dilakukan secara individual atau terencana tapi terbatas. Tapi sekarang yang saya lihat di RCTI ada ke sepakatan di Lingkungan SUBRA untuk membantu 50% lebih jawaban, mau jadi apa bangsa ini????????????. mudah-mudahan berita itu hanya sekedar berita.

Terus di Lingkungan anda apa ada selentingan berita seperti di atas ???????? kalau ada comment dech……………….

Posted in Uncategorized. 11 Comments »

11 Responses to “UJIAN NASIONAL 2007 SMP CURANG ?”

  1. kurtubi Says:

    generasi nyontek

    duuh generasiku,
    generasi penyontek
    kala nyontek diwariskan nenek
    berkawan ilmu, alergi datang jadilah bengek
    badan kurus tak terurus
    jiwa kering semakin garing

    kala nyontek mencuri nilai
    nilai didapat menuai getir
    kala hati sepi tak dihargai
    nilai jiwa menuai anyir

    kala nyontek menglalang dunia
    asap mengepul dunia mewarna
    lihatlah Jepang menyontek di muka
    di belakang kini, menjadi raja

    menyonteklah pada bumi
    tuk bisa berkaca diri
    buat apa secarik nilai
    jika nilai menarik diri

    ooh generasi penyontek
    anakmu bakal menyontek
    muridmu jadi penyontek
    kawanmu, saudaramu penyontek

    aku sukapun suka menyontek
    pada tulisanmu yang enak-enak
    trimakasih kataku bersemi
    semoga bisa menyontak lagi

    salam mas… maaf baru sempet berkunjung lagi…

  2. WONG@MANGLI Says:

    BEBERAPA HARI INI MASS MEDIA MEMBERITAKAN KECURANGAN MERATA DI SELURUH ANTERO NEGERI. APAKAH INI BUDAYA?
    APAKAH INI ADAT KETIMURAN?
    APAKAH INI KEBIASAAN?
    APAKAH INI KEBOBROKAN?
    APAKAH INI TANDA-TANDA KIAMAT?
    APAKAH INI KRONISNYA PENYAKIT MENTAL NEGERI INI?
    APAKAH INI TANDA HANCURNYA NEGERI INI?
    APAKAH INI ………………………………………………………………….??????????????
    WAHAI KANG KURTUBI ENGKAU BERTUGAS MENYELAMATKAN BANGSA INI.
    SANGGUP………………….?

  3. lia Says:

    Yah begitulah pendidikan kita. Solusi-solusi pemerintah selama ini bukan malah membuat kualitas pendidikan makin baik. Tapi malah ancur. Bukan hanya output pendidikan yang makin lama makin merosot, tapi juga pendidik yang juga ikut merosot. saya sebagai dosen juga tersinggung (walaupun tidak ikut sebagai TPI).Tapi coba aja lihat, kurang ketat apa aturan yang dibuat, tapi yang ingin mencurangi juga lebih pintar tentunya. Apalagi kalau udah curang jelas gak takut dosa. Kata si murid : yang penting bisa lulus nilai baik. Kata oknum yang curang: yang penting dapat uang. So, kloplah…Sampai kapan nih bangsa ini berkutat dengan kebodohan terus??? Belum lagi aturan-aturan pemerintah mulai kurikulum, biaya pendidikan, gaji pendidik berubah-ubah terus tanpa standar kualitas yang jelas. Mau dibawa kemana nih sistem pendidikan kita???

  4. WONG@MANGLI Says:

    BETUL MBAK LIA ANDA SEBAGAI DOSEN MEMPUNYAI KEKUATAN LEBIH ….MAJU TERUS PANTANG MUNDUR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. MBOK IRO Says:

    KADONG GEDIGI BEK DAWEL KATON PENTERE….HE…HE…HE,,,

  6. Artemis Says:

    Wah wah wah, keren nih mbak bloggingnya, he he he (^o^)

  7. senopatiarthur Says:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/ujian_nasional_2007_smp_curang_

  8. budiono Says:

    Bu, yang penting adalah keikhlasan hati kita. Dunia ini isinya sudah tidak sesuai dengan harapan kita. sejak kita dilahirkan sampai sekarang, isi dari berita koran,tv,radio,net semuanya tidak jauh berbeda. semuanya jadikan kita cobaan. Bagaimana kita menyikapinya??? itu PENTING!!! ( yarjunna rohmatahu wayaghgofuna Azzaba) Good Luck TEACHER!

  9. wong@mangli Says:

    tapi kita tidak boleh menyerah, ….jika melihat kemungkaran ubahlah denga kekuatanmu……..dengan hati adalah tanda kelemahan iman… okey

  10. fusliyanto Says:

    tul…. tullll setubuh eh… setuju


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: